Erma Suryani Ranik Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI Kepada Kader Partai Demokrat Kota Pontianak

Bertempat di Hotel Nusantara Pontianak, kader-kader Partai Demokrat Kota Pontianak mengikuti kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang dilaksanakan oleh Anggota MPR RI Fraksi Partai Demokrat Erma Suryani Ranik, Rabu (25/7/2018).

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Ridhoino Kristo Sebastianus Melano

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SINGKAWANG – Bertempat di Hotel Nusantara Pontianak, kader-kader Partai Demokrat Kota Pontianak mengikuti kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang dilaksanakan oleh Anggota MPR RI Fraksi Partai Demokrat Erma Suryani Ranik, Rabu (25/7/2018).

Erma menilai, Sosialisasi 4 Pilar MPR RI ini sangat penting dilaksanakan, mengingat empat pilar tersebut tidak pernah terlepas dari kawalan dan perjuangan bersama.

“Kita sebagai warga negara yang berbhinneka harus paham dan mengerti sejarah bangsa, kemana-mana harus membawa Pancasila dan jangan dirongrong oleh ideologi lain walaupun mengatasnamakan agama, karena di dalam Pancasila itu sudah mewadahi semua kepentingan umat beragama,” katanya.

Erma yang juga anggota DPR-RI dari dapil Kalimantan Barat mengatakan, melalui sosialisasi ini, dia berharap seluruh peserta berperan aktif dalam mensosialisasikan pilar-pilar kebangsaan ke masyarakat.

“Selaku Kader Partai Demokrat yang berjiwa nasionalis-religius harus memahami empat Pilar Berbangsa dan Bernegara ini, dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari,” imbuhnya.

Sosialisasi 4 Pilar ini merupakan program kerja MPR RI dalam upaya menguatkan jati diri dan identitas bangsa, yakni memahami dan menginternalisasikan empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Pengalaman di Pilgub Kalbar membuat kita harus terus mengamalkan Pancasila agar daerah ini menjadi rumah bersama yang nyaman didiami oleh seluruh komponen masyarakat yang majemuk. Saya berharap Sosialisasi 4 Pilar MPR RI menjadi pondasi yang kuat bagi seluruh masyarakat Kalbar, tentang bangsa dan nilai-nilai luhur bangsa yang terdapat dalam empat Pilar Berbangsa (Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika),” tuturnya.

Lebih Jauh, Erma menambahkan, toleransi di Kota Pontianak sudah berjalan sangat baik. Untuk itu, seluruh komponen masyarakat Kota Pontianak diminta untuk terus mempertahankan keberagaman.

Dalam sambutannya, Ariadi SE selaku ketua DPC Partai Demokrat Kota Pontianak menyatakan bahwa Pancasila harus menjadi jiwa kader-kader Partai Demokrat.

Setiap orang dilahirkan dalam keluarga dan suku yang berbeda-beda, perbedaan ini yang mesti dianggap selaku kekayaan dan kekuatan bangsa.

“Kita dilahirkan dalam kemajmukan baik dalam keluarga maupun dalam suku dan agama, perbedaan-perbedaan ini harus kita anggap kekayaan dan kekuatan bangsa. Dalam situasi inilah Parta Demokrat hadir di Indonesia dengan dasar nasionalis-relius,” tutur Ariadi.

Sementara itu, salah seorang kader Partai Demokrat Kota Pontianak yang hadir sebagai moderator, Bambang Riyanto mengaku mendapat tambahan wawasan kebangsaan yang disampaikan Anggota MPR RI.

Menurutnya, sosialisasi yang disampaikan Erma Suryani Ranik tidak hanya pada tataran teori tetapi juga menyentuh sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara yang biasa dilakukan sehari-hari.

Oleh karena itu, materi yang disampaikan mudah dimengerti dan dipahami oleh masyarakat.

“Senang dan bangga, sosialisasi ini terus dilakukan hingga ke smua komponen masyarakat di Pontianak, Ini tugas kita bersama,” tutur Bambang. (*) | Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *