BNN GAGAL DALAM MEMBERANTAS NARKOBA DI JALUR HILIR

Erma Suryani Ranik SH
Anggota DPR RI Fraksi Demokrat

Erma S. Ranik dalam RDP Komisi III dgn BNN pada Selasa, 6 Feb 2018:

Dalam 2.5th, banyak hal capaian yg Demokrat akui banyak terobosan pencegahan di jalur luar penjara, yang saya sebut jalur Hulu.

Catatan keras kegagalan BNN ada dlm memberantas narkoba didlm penjara. Menurut Saya, Bapak sbg kepala BNN adalah gagal. Bnyk kasus narkoba ditemukan semakin banyak dan hebat didlm penjara. Dg berbagai persoalan saat ini, kami tentu saja menginginkan perbaikan di sektor hilir, yaitu didalam Lapas/Rutan.

Kami mengapresiasi dr tingkat propinsi untuk pencegahan dan penindakan tp hanya di sektor Hulu. Saya ingin pengganti Bapak nantinya akan lebih banyak bekerja di sektor penjara. Percuma apabila mereka bisa meneruskan bisnis didlm penjara.

Institusi BNN sama dg Institusi Hukum&HAM. Saya tidak tahu apakah ada ego sektoral apabila BNN masuk kedalam Lapas&Rutan. Susah masuk dg otoritas UU. Fraksi Partai Demokrat ingin hal ini bs dibereskan utk pemberantasan didlm LP. Agar warga binaan dr bandar kecil masuk tdk menjadi bandar besar didalam Lapas.

Harapan kami kedepan utk teman2 di BNN agar bisa punya roadmap yg jelas utk kerjasama 2 institusi utk memberantas narkoba. Kami capek melihat ada Operator narkoba dr dlm lapas.

Saya yakin hal ini bisa dilakukan, perlu ada keterbukaan internal masing2 agar mencapai program Presiden utk memberantas narkoba.
BNN perlu secara serius memberantas di tingkat kabupaten&provinsi

Kami merasa kita ingin kedepan kerjasama Komisi III dg BNN ditingkatkan dalam program penyuluhan terhadap anak, remaja, sekolah dan tokoh masyarakat untuk mengingatkan tentang bahaya narkoba.

FPD ingin Jokowi memberikan perhatian yg lebih besar thd BNN untuk menyelamatkan anak muda agar memberikan pengganti yang terbaik. FPD tdk ingin mengintervensi apakah Pak Buwas diperpanjang atau tidak dan siapa penggantinya. Kami punya indikator agar grade yg ada tidak turun tapi lebih ditingkatkan.

Erma S. Ranik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *