Erma Terpilih Pimpin PHAL

erma 19082013Senator muda dari Kalimantan Barat, Erma Suryani Ranik, kembali dipercaya oleh rekan-rekannya untuk menjadi unsur pimpinan alat kelengkapan DPD RI.  Dalam pemilihan di Panitia Hubungan Antar Lembaga (PHAL) periode 2013 – 2014,  Erma terpilih menjadi Wakil Ketua.
Pemilihan ini berlangsung seru (19/8/2013). Sesuai dengan tata tertib DPD RI,  satu alat kelengkapan terdiri dari 33 orang yakni wakil-wakil tiap provinsi. Para calon kandidat hanya bisa menang di wilayah masing-masing. DPD RI selalu mebagi wilayah berdasarkan kepulauan. Wilayah Barat  meliputi provinsi di  pulau sumatra. Wilayah Tengah meliputi Provinsi Kalimantan dan Jawa dan Wilayah Timur meliputi Provinsi Indonesia timur.
Erma yang dijagokan dari pulau Kalimantan bertarung dengan Poppy Dharsono dari Jawa Tengah untuk memperebutkan wakil wilayah Tengah.  Poppy adalah keturunan keraton Solo yang juga mantan model dan perancang model serta pengusaha sukses.
Pada tahap ini, Erma meraih kemenangan mutlak dengan mengumpulkan 15 suara mengalahkan Popy Dharsono, yang hanya meraih 7 suara dari 22 orang anggota DPD RI yang hadir..

Tahap kedua pemilihan Ketua PHAL juga berlangsung tak kalah seru. 3 kandidat yakni Senator DR.Rahmad Syah, pengusaha sukses dari Sumatera Utara dan Senator Bahar Ngitung yang juga pengusaha sukses dari Sulawesi Selatan dan senator Erma Suryani Ranik, mantan aktivis dan jurnalis. Rahmad Syah memenangkan pemilihan di Wilayah Barat, sedang Bahar Ngitung telah memenangkan pemilihan di wilayah timur .
Pemilihan dengan sistem tertutup ini menghasilkan 11 suara untuk Bahar Ngitung, 8 Suara untuk Rahmad Syah dan 2 suara untuk Erma Suryani Ranik.

Ditemui usai pemilihan, Erma menyatakan apresiasi  dengan pilihan rekan-rekannya. “Terima kasih karena sudah mempercayakan saya sebagai unsur pimpinan.  Sebagai anak muda, saya sadar ini kepercayaan besar. Dan saya mohon dukungan buat kami bertiga,” katanya sambil tersenyum.

Sementara Ketua PHAL terpilih Bahar Ngitung dalam sambutannya menyatakan bahwa meskipun ia adalah ketua namun 2 wakil ketua yang lain sama bahkan lebih  mungkin kapasitasnya dibanding dirinya. “Kami ini Tritunggal, satu dalam 3. Jadi  tidak ada keputusan saya yang diambil tanpa persetujuan 2 pimpinan lain,” kata Bahar  dengan rendah hati.

Rapat pemilihan dipimpin langsung oleh La Ode Ida sebagai Wakil Ketua DPD RI. Dalam sambutannya La Ode juga mengingatkan bahwa masih banyak tugas yang harus diselesaikan oleh pimpinan PHAL yang baru. “ingat DPD RI ini belum diakui kepersertaannya dalam kegiatan parlemen-parlemen dunia. Kita selama ini hanya jadi peninjau. Jadi ini harus diperjuangkan, posisi DPD RI dalam kegiatan parlemen internasional harus setaradengan DPR,” tegas La Ode Ida sebelum menutup rapat pemilihan ***

3 thoughts on “Erma Terpilih Pimpin PHAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *