Erma Pimpin Angkatan Muda Kristen Kalbar

foto erma GAMKIKepengurusan Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) Kalbar memasuki periode baru. Kepengurusan GAMKI Kalbar untuk masa bakti 2013-2016 dilantik di Hotel Gajahmada Pontianak, Jumat (7/6)

Erma Suryani Ranik secara resmi menjadi Ketua Gamki Kalbar. Ia berjanji membawa GAMKI kearah lebih baik. Ia dilantik langsung Sekretariat Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Hendri Sibarani.

“target ke depan, GAMKI mempunyai secretariat. Paling lama Agustus. Lalu, enam bulan kedepan konsolidasi dilakukan di kabupaten dan kota seluruh Kalimantan Barat harus sudah jalan,” ujar Erma usai pelantikan.

Dia juga berkomitmen agar GAMKI ikut serta dalam persoalan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi Kalbar yang masih rendah. Kondisi ini, jelasnya, berpengaruh pada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). “kita mau berkontribusi  meningkatkan IPM di Kalbar. Masa kita diperingkat 28 terus,” tukasnya.

Sebagai perempuan pertama yang memimpin GAMKI sejak berdiri di Kalbar, ia mengaku sangat bersyukur. Ia berharap ke depan muncul kader-kader perempuan lainnya sebagai pemimpin terutama dalam kepengurusan GAMKI.

“saya mengucap syukur buat kepercayaan yang diberikan teman-teman di DPC untuk menjadi ketua GAMKI. Saya kira, kedepannya dengan konsolidasi cabang yang dilakukan saya berharap ada ketua DPC perempuan yang akan muncul,” ungkapnya.

Erma juga berharap muncul kader-kader perempuan  yang berkontribusi untuk GAMKI. Langkah pertama, katanya, ia dan pengurus lainnya akan mencari secretariat yang refpresentatif  dan memaksimalkan secretariat tersebut.

Erma menggantikan ketua sebelumnya yakni TTA Nyarong dan Rajemi. Ia memperoleh 10 suara menggunguli kandidat lainnya Supriyanto yang hanya mendapat empat  suara dari total 15 suara DPC yang diperebutkan. Satu DPC lainnya abstain.

Mantan Ketua GAMKI TTA Nyarong mengatakan, ada empat kandidat yang muncul. Mereka adalah Erma S. Ranik, Supriyanto, Petrus SA dan Irensius. Namun, hingga pemilihan hanya dua kandidat yang bertarung.

TTA Nyarong yang kini menjabat sebagai Dewan Pembina DPD GAMKI Kalbar berharap kepengurusan baru membawa perubahan yang lebih baik.

“pengurus baru ini harus meningkatkan tujuan GAMKI dalam mendukung pemerintah menjaga keamanan, kedamaian, dan keharmonisan bersama di Kalimantan Barat,” ujarnya.

Dia juga mendukung upaya pengadaan secretariat. Ketiadaan secretariat, jelasnya, menjadi hambatan. Kondisi ini bahkan terjadi secara nasional.

Ia juga meminta kepengurusan GAMKI yang bar uterus melakukan konsolidasi  organisasi  bahkan membentuk ranting di tiap kecamatan.

Sementara itu, Sekretaris UMUM Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI Hendrik Sibarani dalam sambutannya berharaap ketua pengurus yang baru dilantik menjalankan tugas sebaik mungkin. Menjadi pengurus GAMKI, jelasnya, bukanlah tugas yang ringan namun sebuah tantangan dan tanggung jawab

“Sebarkan panji-panji pemuda pemuda Kristen seantero Kalbar, bukan hanya di kota melainkan bagi mereka yang ada di desa-desa perbatasan untuk dilayani. Berbakti kepada Tuhan, serta meningkatkan pemuda Kristen  dan membangun masyarakat, bangsa dan Negara berdasarkan Undang-undang Dasar 1945, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika,” imbuhnya.

Ia juga berpesan agar pengurus GAMKI bekerjasama dengan gereja dan pemerintah. “Banyak belajar dari apa yang dilakukan sebelumnya, baik kelebihan dan kekurangan. Ambil apa yang baik dan tinggalkan apa yang buru, “ tukasnya   . (Tribun Pontianak, Dhita Mutiasari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *